RSS

Wedding: Administrasi Pernikahan


13 Maret 2014, Office Room

 Administasi Nikah Ribet Euyy

Hmmmmm……. Cuman 1 Kata untuk menggambarkan ngurus administrasi pernikahan yaitu Berbelit alias ribet, apa sie ngurus di Negara kita tercinta ini yang gak muter-muter, ga harus kesana kemari, ga ribet, Nothing!!! Dipersulit itu kata yang tepat ga heran kalau banyak yang illegal di Negara ini. Well ngurus dokumen nikah-pun seperti itu.

11 Maret 2014: Dimulai dari RT, disini kita minta Surat Pengantar dari RT sebagai rujukan minta surat-surat lainnya di tingkat kelurahan. Gue ma nyokap kemaren sore bertamu ke RT (kalau ga ngurus KTP atau hal yang kyk gini, mana ada bertamu ke RT, heee), dan beliau bilang besok pagi suratnya bisa diambil.

12 Maret 2014: Ok sebelum masuk kantor mampir bentar ke RT, setelah gue cek Status Gue masih MAHASISWA, waittttt is not correct! Ternyata Pak RT ny a ngeliat status di KTP (ga salah dia juga sie), maklum KTP masih pake yg lama (E-KTP mpe skarang ga jadi2) dan gue lupa bilang klo gue udah kerja, tapi ya udahlah Kata Pak RT nya orang KAU nya ga bakal ngecek dan bisa banyak aja toh mahasiswa yang menikah (Hiikk ntar dikirain gue ngebet nikah lagi masih sekolah udah mau nikah aja), ya sudah lah, oh iya di RT gue ga ngekuarin uang sama sekali, mau ngasih pun rasa gimana gitu, toh Pak RT nya juga orang berada, mau ngasih takut kekecilan, jadi ya sudah cukup dengan ucapan “Terima Kasih”. Sekitar jam 10 gue izin dari kantor untuk ngurus administrasi pernikahan gue ke Kelurahan. Disana nanya persyaratannya, dokumen yang gue bawa belum lengkap, dan inilah dokumen yang diperlukan di Kelurahan:
1.       FC KTP 1 Lmbr
2.       FC Ijazah Terakhir 1 Lmbr
3.       FC Akta Lahir 1 Lmbr
4.       FC Kartu Keluarga 1 Lmbr
5.       Pas Foto 3x4 1 lembar (latar biru) (gue aja, Karena masing2 calon pengantin ngurus dokumen ini)

Gue agak sedikit bingung di bagian pas foto, apakah latarnya ngikutin aturan kyk KTP (Ganjl=merah dan Genap=biru), kata ibu-ibu klo KUA sini sekrang minta biru baik itu kelahiran Genap atau Ganjil, oke lah kalau begitu. Oh iya dikelurahan kita dikasih Formulir “Surat Pernyataan Calon Pengantin”, formulir ini isinya data diri kita, orang tua dan calon suami/istri (kalau gue calon suami lah ya, karena gue cewe). Cap cus ke studio Foto, 1 jam selesai, gue nyetak latar biru dan untuk Aa Kiki gue cetakin latar merah ma biru, buat jaga-jaga karena gue nyakin latarnya yg bener yang mana dan ukurannya pun gue cetak semua mulai dari 2x3, 3x4 dan 4x6 masing2 6 lembar, abisnya gue tanya ma yang difuji film mereka ga yakin juga warna apa latarnya dan berapa ukurannya, yang pasti kata mereka Foto Gandeng ada. Gimana mau foto gandeng calonnya aja ada diseberang pulau Kalimantan(dipending dlu aja yg ini) atau ntar diakalin digabung aja fotonya, haaaaa (kan belum muhrim ga boleh deket2 J)

13 Maret 2014/Today: Dan balik lagi ke-Kelurahan. Setelah menyerahkah semua berkas, disuruh tunggu kurang lebih 45 menit jadi deh surat pengantar dari Kelurahan (Formulir N1-N4), gue kira kita dikasih formulir kosong ternyata sudah diketik ma pegawai kelurahan (bagus lah kalau begitu) dan dikasih surat pengantar ke Puskesmas untuk pemeriksaan kesehatan dan imunisasi (suntik T1 dan T2). Untuk biaya nya terserah kita (sukarela), gue kasih aja 50rbu (kebanyakan atau kurang yaa??, ga tau lah). Nah gue sempet nanya karena nikah gue nantinya (Akad) akan pindah kelurahan dan kecamatan gimana perlu surat pengantar lagi ga? Dan ternyata ga usah. Ada yang bikin gue bingung kata Ibu A (yang diawal) bilang ga abis ini langsung ke KAU aja ga usah ke Kecamatan tapi kata Ibu B (yang sekarang ini) bilang abis ini dokumennya dibawa ke Kecamatan dulu baru ke KUA (Ribet bgt ga sieee), ga heran banyak orang yang Nikah Siri (ada hubungannya ga sie??)

Dan gue setelah dapet surat N1-N4, bukan gue lanjutin ke kecamatan atau KUA, gue kasih aja tuh surat dan stok pas foto ke calon ayah (ayahnya Aa Kiki),soalnya beliau udah ngurus ke KUA tinggal dokumen gue aja yang belum dan untuk foto gandeng nyusul aja, Siphh lah klo begitu. Sebenarnya kecepatan ga sie gue ngurus surat2 beginian, kan pernikahan gue kasih 2 ½ bulan lagi, temen gue aja 2 minggu sebelum nikah baru ngurus2, ya sudah lah gpp, buat jaga-jaga aja alias dapet kepastian tanggal nikah gue sesuai dengan direncanakan (24 Mei 2014, Pukul 09.00), gimana coba kalau undangan udah disebar dan ternyata pada saat itu jadwal udah penuh, aaaahhh tidaaaaaaaaaaaaaaak. Siphh coret ngurusan Administrasi dari List. Alhamdulillah satu-satu persiapan sudah bisa dicoret, Semangat 2 1/2 bulan lagi!!!! 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar